Unduh Adobe Flash player

Jangan Bersedih, Dengan Masa Lalu, Pikirkan Masa Kini

Share on :
Rasulullah SAW bersabda, "Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kesusahan dan kesedihan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari perasaan lemah dan malas, dari rasa takut dan bakhil, dari terjepit oleh utang dan penguasaan orang-orang." (HR Bukhari dan Muslim)

Adanya perasaan sedih karena masa lalu, juga karena mengingat peristiwa masa lalu yang tidak mungkin kembali lagi merupakan suatu kelemahan yang akan menjadikan seseorang merasa terus terbelenggu dan hanya akan menjadikannya lemah dan tak berdaya. Karena itulah, Rasulullah SAW melarang kita untuk menyesali hal-hal keduniaan yang terjadi pada masa lalu. Juga melarang seseorang mengatakan, "Seandainya waktu iru aku melakukan ini, niscaya akan ......"


Sabda Rasulullah SAW :
"Bersungguh-sungguhlah pada hal yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah serta jangan merasa lemah. Bila kamu ditimpa sesuatu, janganlah kamu mengatakan 'Seandainya (tempo hari) aku melakukan ini, niscaya begini-begini'. Katakanlah "Allah telah menakdirkan dan apa yang Allah kehendaki maka itu terjadi". Sesungguhnya kata seandainya akan membuka pintu perbuatan setan." (HR Muslim)

Perbuatan yang harus dilakukan saat ini adalah mengerjakan sesuatu dengan sempurna disertai dengan meminta pertolongan kepada Allah. Insya Allah tidak akan lemah dan kemenangan akan selalu menemaninya.

Sosok seorang Muslim yang benar adalah sosok orang yang ridha dengan ketentuan dan takdir dari Allah SWT. Jika terjadi sesuatu yang tidak ia sukai, ia mengatakan 'Semuanya telah menjadi takdir Allah, apa yang Allah kehendaki pasti terjadi'. Orang itu telah mengatakan dengan jiwa yang ridha dan tenang, jiwa yang percaya atas ketentuan Allah masa depan yang lebih baik sesuai dengan izin Allah.

Rasulullah SAW bersabda, "Bila datang waktu pagi jangan menunggu-nunggu waktu sore, bila datang waktu sore jangan menunggu-nunggu waktu pagi." (HR Bukhari)



Maksud dari hadits ini adalah jangan memaksakan diri untuk memntingkan sesuatu yang akan datang karena sesuatu yang akan datang itu telah dijamin Allah untuk kita.

0 komentar on Jangan Bersedih, Dengan Masa Lalu, Pikirkan Masa Kini :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Free Automatic Backlink Backlink Exchange Free Auto Backlinks Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo backlinks referer backlinks referer Text Backlink Exchanges MIM - Free BacklinksYour-Link
,b:section class='lowerbar' id='lowerbar2' preferred='yes'/>

Followers