Unduh Adobe Flash player

Jangan Bersedih, Dengan Berdo'a Mendapatkan Kekuatan

Share on :
Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya untuk selalu berdo'a dan pasrah kepada-Nya, dan Allah SWT menjanjikan akan mengabulkan semua permintaan hamba-Nya selama mereka benar-benar berdo'a kepada-Nya.

Dalam berdo'a hendaklah benar-benar melakukannya dengan sepenuh hati seraya berharap keridhaan dari Allah SWT , diantaranya :


1. Hendaklah menghadirkan kekhusyuan dan kekhidmatan di dalam hati dan membuang jauh-jauh segala penyakit hati, serta meninggalkan segala hal yang haram.
2. Hendaklah memulainya dengan memberi salam kepada Rasulullah SAW (Membaca Shalawat) dan memuji kepada Allah SWT kemudian meminta apa yang diinginkan.
3. Hendaklah sebaiknya menghadap kiblat, sebagaimana ketika melakukan shalat dan mengangkat kedua tangan.
4. Mengulang setiap do'a yang diminta sebanyak 3 kali dan jangan tergesa-gesa dalam berdo'a.
5. Hendaklah berdo'a dengan suara yang pelan dan tidak berlebih-lebihan dalam melakukannya.
6. Hendaklah berdo'a dengan do'a yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.
7. Hendaklah berdo'a dimulai untuk dirinya, keluarganya.
8. Mengusap wajah dengan kedua tangan setiap selesai berdo'a.

Berdo'a saat mustajab :
a. Sepertiga malam, antara azan dan iqamat, selesai shalat fardhu, menjelang berbuka puasa, pada bulan ramadhan dan hari arafah, pada saat sujud (akhir shalat) dan ketika turun hujan.
b. Do'a orang tua terhadap anaknya, orang yang berpuasa, orang yang musafir, orang yang berjuang fisabilillah, orang yang terzhalimi dan teraniaya, orang shaleh yang mendo'akan saudaranya sesama muslim tanpa diketahuinya, orang yang hafal al qur'an dan pemimpin yang adil.
c. Tempat yang mustajab yaitu antara pintu Ka'bah dan rukun yamany, antara rumah Rasul dengan mimbarnya, Mesjidil Haram, Mesjid Nabawi, Mesjid al Aqsha dan tempat yang suci dan bersih.

Firman Allah SWT :
"Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan merendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (dalam berdo'a)." (QS. Al A'raf : 55)

"Dan Allah SWT berfirman : Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (berdo'a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina," (QS. Al Mu'min : 60)

Dari Abu Sa'id ra bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda," Tidak ada seorang Muslim yang berdo'a kepada Allah SWT, dan tidak melakukan dosa atau memutuskan silahturahmi, kecuali Allah SWT akan memberikannya dengan salah satu dari tiga hal yaitu : Mengabulkan do'anya, atau menjauhkannya dari segala kejahatan (atas do'anya tersebut), atau menyimpannya sebagai pahala kebajikan atas do'anya tersebut." (HR Ahmad)

Dari Salman al Farisy ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada yang dapat merubah Qadha (Ketentuan Allah SWT), kecuali dengan do'a dan tidak akan bertambah umur (seseorang) kecuali dengan kebaikan." (HR Tirmidzi)

0 komentar on Jangan Bersedih, Dengan Berdo'a Mendapatkan Kekuatan :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Free Automatic Backlink Backlink Exchange Free Auto Backlinks Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo backlinks referer backlinks referer Text Backlink Exchanges MIM - Free BacklinksYour-Link
,b:section class='lowerbar' id='lowerbar2' preferred='yes'/>

Followers