Unduh Adobe Flash player

Jangan Bersedih, Berakhlak Mulia itu Menentramkan Hati

Share on :
Manusia adalah cermin bagi manusia yang lain. Jika seseorang berbudi pekerti luhur terhadap orang lain, maka orang lain pun akan berlaku serupa terhadapnya sehingga urat sarafnya akan selalu tenang tanpa gejolak dan hatinya akan senantiasa damai kemudian ia akan merasakan bahwa dirinya hidup dalam masyarakat yang bersahabat. Sebaliknya, bila seseorang berkepribadian buruk dan bersikap keras kepala dan kasar terhadap orang-orang disekitarnya maka merekapun akan berlaku serupa terhadapnya sehingga ia tidak dihormati oleh orang lain.

Seseorang yang berakhlak baik lebih dekat kepada ketenangan, jauh dari kegelisahan dan keadaan yang menyengsarakan, lebih dari itu akhlak yang baik merupakan ibadah kepada Allah SWT.


Firman Allah SWT :
"Jadilah engkau pemaaf, serulah orang-orang mengerjakan kebaikan dan berpalinglah dari pada orang-orang bodoh." (QS. Al-A'raf : 199)

Firman Allah SWT tentang kepribadian Rasulullah SAW :
"Sebab rahmat dari Allah, maka kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri darimu. Karena itu, maafkanlah mereka, memohonlah ampunan untuk mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka. Apabila kamu telah berbulat tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal." (QS. Ali-Imran : 159)

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dari kalian adalah paling baik akhlaknya, yang selalu merangkul ketika berjalan (menjaga persaudaraan) dan menyenangi dan disenangi. Orang yang paling aku benci dari kalian adalah yang suka mengadu domba, yang memisahkan antara orang yang saling mengasihi dan mencari-cari aib orang yang bersih."

0 komentar on Jangan Bersedih, Berakhlak Mulia itu Menentramkan Hati :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Free Automatic Backlink Backlink Exchange Free Auto Backlinks Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo backlinks referer backlinks referer Text Backlink Exchanges MIM - Free BacklinksYour-Link
,b:section class='lowerbar' id='lowerbar2' preferred='yes'/>

Followers