Unduh Adobe Flash player

Jangan Bersedih, Cintailah Orang Lain Seperti Mencintai Diri Sendiri

Share on :
Ini bukan sekedar nasehat dan ini bukan juga sekedar kata-kata hikmah akan tetapi ini merupakan obat jiwa dari sekian banyak penyakit jiwa yang ada. Ini juga merupakan hukum untuk membawa kebahagiaan bagi jiwa manusia, bahkan sesungguhnya perkataan ini merupakan ucapan manusia pilihan yaitu Nabi Muhammad SAW.

Hal yang sangat penting jika memegang teguh dengan perkataan ini, keimanan seseorang tidak akan sempurna kecuali dengan menjalankan makna perkataan ini.

Sabda Rasulullah SAW, "Salah seorang dari kalian tidak dikatakan beriman, hingga mencintai saudaranya seperti halnya mencintai dirinya sendiri."

Ketika mencintai saudara sendiri, dada akan terasa lapang, jiwa terasa tenang dan akan merasakan puncak kepuasan serta akan merasakan kebahagiaan jiwa yang menyeluruh. Hanya dengan itulah akan merasakan manisnya iman. Manisnya iman ini tidak dapat dirasakan dengan lisan melainkan dengan hati.

Mengapa hal ini dapat terjadi ?
Karena kebahagiaan menjadi bertambah dan ketika melepaskan diri dari rasa kebencian dan memenuhinya dengan rasa cinta. Dapat meninggalkan titik-titik hitam berupa rasa dengki, benci, dendam, iri dan sebagainya. Semua keburukan itu akan sirna dan berjatuhan ketika mulai mencintai saudaranya.

Firman Allah SWT :
"...Mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri seklipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu)..." (QS. Al-Hasyr : 9)

Mereka itu adalah golongan khusus di antara orang-orang mukmin. Mencintai saudaranya seperti mencintai diri sendiri akan memberikan kebaikan kepada saudaranya dan sebaliknya kebaikan itu akan datang kepada diri sendiri. Lebih utama bila lebih mementingkan kepentingan saudaranya seiman daripada kepentingan diri sendiri.

Mereka mengutamakan orang lain atas diri mereka, sekalipun mereka memerlukan apa yang mereka berikan itu. Maka jika derajat diri sendiri sampai tingkat tersebut maka menjadi tinggi dan kedudukan diri sendiri menjadi mulia disisi Allah SWT dan merasakan kebahagiaan jiwa yang luar biasa. Berkat curahan rasa iman yang mengalir di urat nadi akan mengubah jiwa menjadi jiwa yang tenang.

Firman Allah SWT :
"...Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Al-Hasyr : 9)

0 komentar on Jangan Bersedih, Cintailah Orang Lain Seperti Mencintai Diri Sendiri :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Free Automatic Backlink Backlink Exchange Free Auto Backlinks Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo backlinks referer backlinks referer Text Backlink Exchanges MIM - Free BacklinksYour-Link
,b:section class='lowerbar' id='lowerbar2' preferred='yes'/>

Followers